Perawatan Anggur Cepat Besar dan Berbuah

Siapa yang tidak ingin tanaman anggur tumbuh cepat besar, berbuah dan menghasilkan cuan. Kata siapa pula menanam anggur itu susah? Itu mungkin hanya jawaban subjektif orang gagal. Lalu apa Anda percaya begitu saja dan menyerah? Tentu itu bukan pilihan.

Menanam anggur itu mudah sebenarnya, sama saja seperti menanam pohon lain. Namun yang lebih penting dari itu adalah mengenal karakter tanaman anggur sendiri. Anggur itu istimewa, dari perawatan, pemupukan bahkan hasil buah dan keuntungannya. Nah ada beberapa rahasia dan tips menanam anggur agar cepat besar dan anggur cepat berbuah.

1. Bentuk Percabangan Anggur Sejak Dini

Ini salah satu kunci paling penting perawatan dan membuahkan Anggur. Menanam anggur itu tidak seperti menanam pohon lain. Jika pohon lain pertumbuhannya bisa dibiarkan tanpa diatur; maka beda dengan anggur. Buah atau tandan anggur umumnya hanya keluar dari cabang tersier, atau cabang ketiga. Jadi dari sejak awal tumbuh perlu pembentukan batang primer, cabang sekunder dan cabang tersier anggur (lihat video).

Kesalahan yang paling umum merawat anggur adalah membiarkan anggur tumbuh "seenaknya". Tidak jelas mana batang primer, sekunder dan tersiernya. Jika terlanjur tumbuh maka perlu dilakukan foundation pruning atau pemangkasan pembuahan dasar lagi dari awal. Tentu ini akan memakan lebih banyak waktu, karena seharusnya batang tersier sudah tua malah baru membentuk dar awal. Maka inilah perluanya pembenntukan cabaang anggur dari awal.

2. Perawatan Anggur (Jenis Pupuk, Pestisida dan Doping)

Fakta unik dari tanaman anggur adalah masa hidupnya melebihi kayu jati (bisa lebih dari 100 tahun). Tapi perhatikanlah daun anggur, daunnya sangat tipis seperti daun mentimun yang usianya hanya 3~4 bulan saja. Fakta ini menunjukkan anggur memerlukan perlakuan yang lebih ekstra dari tanaman biasa.

A. Jenis Fungisida untuk Anggur

Inilah perawatan yang ekstra, daun anggur memerlukan perawatan lebih dari tanaman biasa. Terutama perlindungan dari serangan jamur. Adapun jenis fungisida untuk perawatan anggur tidak cukup dengan 1 jenis fungisida. Melainkan harus selang seling dengan jenis fungisida berbeda. Tujuannya adalah supaya tidak resisten atau supaya jamur tidak kebal.

Merk fungisida terbaik perawatan anggur adalah yang berbahan aktif azoksistrobin dan difenokonazol. Salah satunya adalah Amistartop, memang agak mahal tapi silahkan ketahui fungisida selevel amistartop di sini. Fungisida kedua bisa gunakann Dithane atau Antracol. Pemakaiannya selang seling tiap minggu dengan merk pertama di atas.

B. Jenis Pupuk untuk Anggur

Jenis pupuk sama saja dengan tanaman lain bisa menggunakan pupuk NPK yang dilarutkan dan disiramkan setiap seminggu sekali. Dosisnya bisa menggunakan satu sendok makan dilarutkan dalam 5 liter air untuk usia anggur 2 bulanan. Pada bulan ketiga dan keempat bisa tambah dosis menjadi 2 sendok makan untuk 5 liter dan selanjutnya bisa gunakan 3 sendok makan untuk 5 liter air.

Alternatif lain pupuk yang sama bagusnya dengan NPK namun murah-meriah adalah menggunakan pupuk jakaba. Jakaba adalah jamur keberuntungan Abadi, yang dihasilkan dari air cucian beras. cara membuat jakaba:

  • Simpan air cucian beras di satu wadah dan tutup rapat
  • Setelah 3 sampai 4 Minggu dibuka, jika sudah keluar jamur maka jakaba siap digunakan.
  • Campurkan air jakaba dengan air biasa dengan perbandingan 1:5 hingga 1:10 lalu siramkan pada tanaman.

Adapun untuk pemupukan pembuahan Harus melihat kondisi tanaman terlebih dahulu. jika cabang tersier yang dibuat sudah sebesar pensil atau batangnya sudah coklat maka anggur sudah siap dibuahkan. Adapun jenis pupuk perangsang bunga yang digunakan adalah pupuk MKP atau pupuk KCL. aplikasinya ditabur atau dikocor sebulan sebelum pemangkasan pembuahan.

C. Jenis Pestisida Tanaman Anggur

Jenis pestisida terbaik untuk tanaman anggur adalah pestisida yang berbahan aktif abamektin. Alasan menggunakan pemberantas hama berbahan abamectin ini adalah karena pestisida jenis ini bisa memberantas hama yang sudah kebal dibanding jenis pestisida berbahan aktif lainnya.

Beberapa merk pestisida berbahan abamectin Anda bisa gunakan numectin, mitigate atau agrimec. Namun ada juga pestisida berbahan abamektin yang sama ampuhnya dengan harga yang lebih murah. Selengkapnya bisa dilihat pada pestisida ampuh berbahan abamektin.

D. Doping Tanaman Anggur Agar Cepat Besar

Agar tanaman anggur tumbuh subur dan cepat berbuah, Anda bisa memberikan doping berupa asam amino. Asam amino ini bisa didapatkan dari air cucian daging, air cucian ikan atau ada produk jadi seperti aminosan. Selengkapnya manfaat asam amino, cara membuatnya bisa dilihat pada manfaat asam amino di sini.

Untuk menjaga kondisi tanah agar tetap poros dan tetap bergizi Anda bisa menambahkan asam humat. Asam humat sangat penting terutama untuk media tanam racikan sendiri. Asam humat bisa menjaga keporosan struktur tanah memperbaiki struktur tanahnya serta meningkatkan aktivitas mikroba dan manfaat besar lainnya. Selengkapnya Silakan baca manfaat besar asam humat.

Untuk menjaga kesuburan media tanam maka perlu ditambahkan pelindung media tanam dari serangan jamur dan bakteri. Tidak cukup hanya dengan pemberian pupuk saja jika mikroba dalam tanah kurang aktif. Termasuk perlindungan dari jamur dan bakteri Parasit pada tanah. Selengkapnya Anda bisa lihat mikroorganisme pelindung dan penyubur tanah di sini.

3. Utamakan Kesuburan dibanding Cepat Berbuah

Ini adalah bagian terpenting dari perawatan anggur. Banyak yang tidak sabar ingin segera anggurnya berbuah, segala cara dilakukan namun dengan prioritas yang terbalik. Memang jika Anda beruntung anggur hasil grafting usia 2 bulan saja bisa mengeluarkan buah. Tapi Jika buah itu dipertahankan paling hanya satu atau dua dompol saja, dan hasilnya pun tidak akan maksimal.

Banyak sekali yang bangga menunjukkan bahwa hasil grafting usia muda saja sudah berbuah. Tapi jangan sampai tertipu itu adalah PHP (pemberi harapan palsu). Anggur yang keluar dari grafting batang muda pertumbuhannya tidak akan pernah optimal. Karena batang yang masih relatif sangat muda ukuran batang sangat kecil dan akar pada rootstock pun masih terbatas. Sehingga jika dipertahankan hasilnya tidak akan memuaskan.

Bayangkan berapa lama waktu yang terbuang untuk menyimpan buah anggur yang yang sedikit itu. Dibandingkan dengan mengutamakan pembesaran pohonnya dulu. Anggur membutuhkan 3 sampai 4 bulan untuk mematangkan buah. Sementara dalam 3 sampai 4 bulan jika fokus pada pertumbuhan maka pohon anggur sudah lebih siap dibuahkan. Lebih dari itu percabangan untuk pembuahan pun sudah pasti lebih banyak. Jadi konyol rasanya jika anda memprioritaskan pembuahan pada anggur muda. Pilihan terbaik adalah prioritaskan dulu pertumbuhan secara subur maka pohon anggur andapun akan lebih siap memberikan buahnya yang terbaik.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


No one is going to hand me success. I must go out & get it myself. That’s why I’m here. To dominate. To conquer. Both the world, and myself.
Unknown