Kelapa Pandan Wangi Subur Jika Paham Syarat Tumbuhnya

Kenapa disebut kelapa Pandan Wangi karena memang ciri utama dari kelapa ini airnya sangat manis dan wangi pandan. Namun ciri itu baru bisa diketahui kalau memang kelapanya sudah ada dan bisa dinikmati. Sementara kalau belum ada misalkan anda ingin membeli bibit, bagaimana cara mengetahui ciri kelapa pandan wangi?

Pertama yang paling gampang dan paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Hanya sampai keluar air, biasanya pas dibakar keluar air dari daunnya. Lalu setelah itu Anda bisa cium dan apakah dia wangi pandan atau tidak? Namun ini bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi. Karena bukan berarti kelapa yang tidak wangi pandan bukan kelapa Pandan Wangi.

Maksudnya mengenali ciri kelapa pandan wangi dengan daun yang dibakar itu biasanya hanya berlaku pada jenis kelapa Pandan Wangi F1, filial 1 atau turunan pertama kelapa Pandan Wangi. Sebab ciri wangi pandan ini sering memudar, artinya kelapa yang sudah F2, F3 pas dibakar daunnya sudah tidak wangi pandan lagi atau aromanya tidak sekuat pandan wangi F1. Jadi bukan berarti itu bukan kelapa Pandan Wangi ya dia tetap kelapa pandan wangi, hanya karena sudah anakan ke 2, 3 dan seterusnya jadi kadar wanginya menurun.

Juga dari ukuran kelapa Pandan Wangi tidak terlalu besar, total air yang bisa diambil dari kelapa ini sekitar 330 ML atau 1 lebih jadi satu gelas mug. Dari luar anda bisa lihat kalau misalkan bibit kelapanya besar mungkin itu bukan kelapa pandan wangi tapi yang bisa taksir saja, jadi ukuran kelapa ini agak kecil. 

1. Cara Tanam Kelapa Pandan Wangi

Sekarang kita beranjak ke cara penanaman kelapa Pandan Wangi. Sebelum mulai menanam, usahakan di sekeliling tempat tanam buat lubang terlebih dahulu.

  1. Gemburkan tanah dan gali lobang sekitar 30~50 CM. Kalau ada bisa pula dicampur tanah humus.
  2. Masukan pupuk kotoran hewan, pupuk kompos, petroganik atau pupuk organik lainnya.
  3. Cangkul-cangkul atau aduk pupuk tersebut dengan tanah, jika ada sekam boleh ditambahkan.
  4. Cara tanam kelapa pandan wangi jangan sampai terkubur semua bibit kelapanya. Sisakan sekitar 20% dari bagian kelapa menonjol ke atas, jangan direndam semua.
  5. Bagian yang keluar tunas dan daun ini ia dihadapkan ke sebelah timur, mengarah ke terbitnya matahari dan posisinya agak dimiringkan. Tujuannya dimiringkan supaya memperkuat perakaran dan supaya nanti tumbuhnya tidak terlalu tinggi.
  6. Siram kelapa yang sudah ditanam, frekuensinya sesuaikan dengan kondisi kelembaban tanah. Misalkan tanam di musim hujan tidak perlu disiram sementara kalau di musim kemarau harus lakukan penyiraman minimal sekali sehari.

2. Syarat Tumbuh Kelapa Panda Wangi agar Subur

Meskipun kelapa menyukai iklim yang tropis, namun ternyata semua jenis kelapa sangat butuh banyak air. Kalau Anda lihat perkebunan kelapa di Thailand, ternyata di sekeliling tanaman kelapa adalah Parit dan Parit itu selalu basah bahkan seperti kolam. Dan yang sudah terbukti pun pada kelapa yang saya tanam di depan rumah sendiri, meskipun umurnya sudah 15 tahun lebih tapi ternyata produktivitasnya masih bagus, karena di pinggirnya ada kolam ikan. Jadi meskipun kelapa suka tinggal di iklim yang panas, tropis tapi dia tetap butuh banyak air. Lihat juga tanam anggur di pinggir kolam.

Tempat ideal tumbuh kelapa pandan wangi dataran rendah. Dari 0 meter diatas permukaan laut sampai sekitar 600 atau 500 meter di atas permukaan laut. Sementara kalau kelapa pandan wangi ditanam di dataran yang tinggi ini pengaruhnya adalah ke pembuahan yang terlambat. Juga jumlah kelapa yang dihasilkan pun biasanya sedikit dibandingkan dengan kelapa yang di dataran rendah. Suhu pun ideal jika di tempat yang suhunya dari 20 sampai 27 derajat Celcius.

Kelapa Pandan Wangi dia bisa tumbuh tanah yang nilai ph-nya 5 sampai 8 namun idealnya tetap di 6,5 atau 7. Jika PH tanah terlalu tinggi di atas 7 bisa turunkan PH tanah menggunakan air tawas atau sulfur / belerang. Sementara kalau misalkan untuk kadar pH tanah yang rendah misalkan di 5 / 6 Anda bisa menaikkan kadar pH pakai kapur dolomit atau kapur pertanian. Kalau tidak ada Anda juga bisa gunakan Abu bekas pembakaran seperti abu dari bekas pembakaran di dapur dan semua jenis abu lainnya.

Anda juga bisa gunakan bekas dedak kopi, kalau Anda suka ngopi si ampasnya jangn dibuang tabur saja ya di sekeliling pohon kelapa Anda.

3. Pemupukan Kelapa, Jangan Pakai Garam!

Lalu untuk pemupukan pemupukan sama saja seperti tanaman lain Anda kalau misalkan pakai pupuk NPK. Tabur saja di sekelilingnya selama 2 bulan minimal satu kali. Sementara kalau untuk dikocor bisa lebih sering, bisa larutkan satu sendok untuk 5 liter air dan 2 minggu sekali. Saya sering menemukan ada yang membuat bonsai kelapa, perangsangan kelapa agar berbuah yang dipupuk pakai garam.

Nah kalau saya sendiri sih kurang setuju kelapa dipupuk garam, karena garam itu kalau dilihat dari kandungannya dia NaCl atau natrium klorida. Natrium juga ada nama lainnya sodium dan sayangnya kandungan garam ini mengandung klor. Chlor ini yang kurang bagus karena bisa merusak tanah untuk pemakaian dalam jangka panjang. Chlor dalam kandungan banyak akan merusak kesuburan tanah. Garam itu memang ada unsur natrium, fosfor, juga unsur kalium nya yang bisa merangsang pembungaan dan pembuahan. Untuk tanah yang terlanjur rusak bisa diperbaiki dengan Pupuk Asam Humat.

Alternatifnya daripada menggunakan garam Anda bisa gunakan pupuk kalium, yang aman adalah kno3.  KNO3 kaliumnya banyak tapi tidak mengandung klor, ada juga pupuk KCL yang kaya Kalium namun masih mengandung chlor. Tapi kandungannya hanya sedikit sekitar 0,5 hingga 5% saja, dan itu masih toleransi. KNO3 paling utama kalau tidak ada bisa KCL lalu kalau tidak ada garam. Tapi itu sangat tidak saya sarankan. Lihat reaksi pupuk KNO3 jika dicampur gula. Demikian saja terima kasih telah membaca segala hal yang perlu anda ketahui tentang kelapa pandan wangi ini, semoga bermanfaat.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Build your own dreams, or someone else will hire you to build theirs.
Farrah Gray