Perlakuan Kelengkeng Pasca Booster (Pupuk, Pestisida, Bunga dll)

Update hasil booster kelengkeng hari ke-30 mulai muncul daun-daun hijau yang membawa bakal bunga kelengkeng. Yang bentuknya tajam kecil-kecil di antara ketiak daun itu adalah bakal bunga kelengkeng. Bunganya itu yang bakal membesar, semakin membesar dan justru si daun-daunnya malah tidak tumbuh, malah rontok biasanya. Sementara update hari ke-40 setelah booster lengkeng, bunga-bunganya serentak keluar dari tiap ujung ranting. Hasil booster memang manjur karena bunga lengkeng serentak keluar, hampir dari semua cabang, lebih banyak dari lengkeng berbuah sendiri tanpa booster.

Jika ada bunga kecil keluar dari batang kecil ini harusnya dipotong saja. Karena batang kecil biasanya memiliki daun sedikit, sehingga tidak akan sanggup memberi nutrisi makanan ke bunga / buah lengkengnya. Kalau sudah maksimal panjang dari bunga kelengkeng panjang sekali bisa sampai 40 centi, bahkan 50cm. Jadi hasil booster kelengkeng ini memang bagus.

1. Sebab Gagal Booster Kelengkeng

Adapun kalau gagal melakukan booster atau penyebab gagal perangsangan bunga lengkeng ini biasanya karena boosternya kurang banyak. Dosisnya dan ini bisa disesuaikan dengan ukuran besar kecilnya pohon. Jika sebesar tangan orang dewasa usianya 3 tahun, cukup pakai yang 250 gram. Tapi pada tanaman lengkeng saya Itu pun tidak semuanya, karena dari 250 gram itu sebagian saya pake Booster Leci. Jadi mungkin hanya sekitar 200 gram saja, dan ternyata hasil boosterpun bagus.

Oh iya booster lengkeng yang saya pakai ini adalah jenis Kalium Klorat bukan Sodium Klorat. Karena ada 2 jenis booster yang biasa dipakai membuahkan kelengkeng. Selengkapnya pahami dan bedakan kedua jenis booster ini, baca selengkapnya pad link paragraf ini,

Sebab lain booster lengkeng gagal tanah terlalu lama terlalu lama disiram hujan, hujannya terus-menerus dan durasinya panjang. (lihat cara mengatasi pupuk mudah tercuci hujan dengan asam humat) Atau bisa jadi karena memang si larutan obat boosternya encer, untuk tanaman yang besar anda bisa pakai dosis yang lebih besar, misal dua plastik yaitu 500 gram itu.
Selain itu perhatikan juga kondisi pohon kelenkengnya, pastikan waktu pemboosteran saat daun lengkeng semuanya hijau tua. Jangan ada daun-daun yang masih muda atau baru pecah tunas. Selengkapnya agar booster lengkeng berhasil lihat cara booster yang benar di sini.

2. Cegah Kerontokan Bunga Kelengkeng

Ciri bunga yang bagus biasanya warnanya putih kekuningan dan saat keluar bunga saya kurang berani kalau dilakukan penyemprotan. Biasanya memang untuk tanaman lain semprot pupuk MKP untuk cegah kerontokan. Pengalaman saya dulu pas berbunga disemprot MKP malah rontok. Jadi alternatif untuk cegah kerontokan bunga lengkeng sekitar 2 minggu setelah dibooster, saya campur siram dengan pupuk MKP, di atas perakaran. 2x saja sampai minggu ke 4 atau sampai bunga kelengkeng bermunculan.
Untuk pencegahan kerontokan tidak saat keluar bunga tapi sebelum keluar bunga. Juga bisa dikasih cukup kalsium atau boron ya itu di minggu ke tiga setelah booster atau diantara aplikasi MKP tadi. Atau pengganti pupuk kalsium bisa pakai kapur dolomit.

3. Penyemprotan Pestisida Saat Keluar Bunga Lengkeng

Saat keluar bunga kelengkeng adalah waktu yang paling bagus untuk dilakukan penyemprotan. Karena pada saat bunga keluar tapi belum mekar biasanya serangga menitipkan telornya. Ketika bunganya mekar saat itu pula si kutu kutu atau telur dari serangga itu menetas dan malah menjadi hama. Jadi paling bagus saat ini saat keluar bunga dilakukan penyemprotan. Saya biasanya pakai obat pestisida decis, dosisnya bisa pakai 1 sampai 2 mili per 1 liter. Atau agar aman bisa juga gunakan pestisida alami ala sambal.

Adapun untuk waktu penyemprotan biasanya saya lakukan pada sore hari. Karena sore menjelang malam tidak akan menguap, tidak akan tersengat cahaya matahari. Kalu kalau dilakukan penyemprotan pagi-pagi justru ini akan menghambat polinator yaitu serangga yang membantu penyerbukan. Adapun kalau banyak semut juga bisa dikasih semprotan pakai Arrivo. 
Untuk jadwal semprot pestisida saya akan lakukan 3 kali jadwal penyemprotan, yaitu:

  1. Awal keluar bunga sebelum mekar
  2. Saat bunga kelengkeng habis, saat bunga sudah jadi buah kecil-kecil
  3. Saat buah lengkeng sebesar kelereng sebelum dibungkus.

Lihat juga cara membuat semprotan lebih kencang semburannya.

4. Jenis Bunga Kelengkeng, Mitos Tanam Kelengkeng

Jenis bunga lengkeng itu ada dua jenis, bunga jantan dan ada bunga betina dan bunga betina inilah yang nanti menjadi buah. Jadi mitos kalau tanah pohon lengkeng katanya harus dua pohon, sebab satu pohon pohon jantan satu pohonnya lainnya betina. Karena buktinya ini saya tanam kelengkeng hanya satu pohon 1 saja. Tidak ada pohon lengkeng lain lagi sekelilingnya karena memang dalam dompolan bunga kelengkeng sendiri ada bunga jantan dan bunga betina.

5. Masa Pembesaran Buah Lengkeng sampai Panen

Dari awal sampai akhir dari awal pembesaran buah kelengkeng sampai nanti menjadi buah matang dan siap dipanen ini memang lumayan lama. Biasanya sampai 4 / 5 bulan baru matang bisa di nikmati hasilnya. Adapun kedepannya pemupukan pembesaran buah Anda bisa gunakan pupuk kno3. Bisa mempercepat atau membuat buah tumbuhnya lebih besar, dan ada juga yang menyarankan pakai GA3 atau asam giberelat / giberelin untuk memperkecil biji lengkeng.

Jangan campur MKP + KNO3, simak penjelasannya di sini.
Apalagi jenis kelengkeng lokal biasanya bijinya besar-besar, daging buahnya tipis. Jadi biji kelengkeng bisa diperkecil oleh GA3 atau membesarkan daging buah kelengkeng. Dan usahakan agar hasil maksimal si tanaman lengkeng harus terbuka, karena bunga kelengkeng yang tidak terkena sinar matahari tumbuhnya sedikit dan kurang subur. 

Banyak sedikitnya dompolan buah kelengkeng itu lebih banyak dipengaruhi oleh bunga-bunga yang ada. Kalau kebanyakan bunga jantan maka bunga betina sedikit lalu hasil buah lengkengpun sedikit. Jadi pastikan sebelum tanam lengkeng anda gunakan jenis Kelengkeng yang memang bagus, New kristal 2 atau lengkeng kateki itu adalah salah satu lengkeng yang dompolannya banyak. Jangan lupa kontrol air, sebab air juga dibutuhkan untuk proses pembesaran buah. Usahakan air terjaga jangan sampai kekeringan agar lengkeng bisa berbuah lebat.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.
Albert Einstein