Pentingnya Kontrol Sengon & Kendala Seputar Tanam Sengon

Hal penting dan perlu dilakukan setelah penanaman bibit pohon sengon adalah pengontrolan. Karena jika tidak dikontrol, ada banyak sekali gangguan bahkan yang mungkin tidak sama sekali anda perhitungkan. Agar tidak gagal tanam sengon beberapa hal penting pasca tanam bibit sengon ini wajib Anda ketahui. 
Untuk kenyamanan Anda sendiri pastikan sebelum ke kebun lengkapi dulu APD (alat pelindung diri ) seperti manset tangan, sarung tangan, sepatu boot dan kelengkapan lainnya. Jangan sepelekan ya karena berkebun di Kebon / hutan / pasir Anda bakal jadi sasaran nyamuk, ulat-ulat dan binatang-binatang lainnya yang mungkin membahayakan.

Kendala dan Gangguan Seputar Pertumbuhan Sengon

Berantas dan potong Gulma dan rerumputan yang tumbuh di sekeliling sengon tumbuh banyak. Jelas ini tidak baik karena bisa menghabiskan nutrisi dari pupuk, serta menyaingi pertumbuhan sengon (lihat cara pemupukan sengon). Selain itu yang dapat mengganggu pertumbuhan menghalangi sinar matahari pada akar dan batang. Sering ditemukan pula tumbuhan yang melilit sengon yang menyebabkan sengon bengkok. Jadi perlu sekali dilakukan penyiangan dan pemangkasan tanaman pengganggu.

  • Tiang penyangga atau ajir yang pendek perlu diganti dengan yang tinggi agar sengon tumbuh tegak lurus ke atas. Lalu ganti posisi tali ajir ke atas supaya tidak menghambat sengon tinggi. Serta pastikan gunakan simpul mati agar batang sengon tidak terhambat tumbuhnya.
  • Patahan daun dari atas yang jatuh ke ke bibit sengon bisa mematahkan tunas atau bahkan menjadikan tunas sengon busuk. Adapun perlakukan untuk tunas sengon yang udah terlanjur patah harus dipotong saja. Dan untuk pertumbuhan kita harapkan tunas ini yang nanti akan tumbuh lurus ke atas yang dibiarkan tumbuh. Lihat juga beda pertumbuhan mangga samcuk vs sambung samping.
  • Jika di bagian atas sengon muncul 2 tunas, yang satu lurus, dan yang lainnya justru tumbuh ke samping. Maka potong yang tumbuh ke samping walaupu pertumbuhannya lebih bagus. Tapi tidak perlu potong semua, karena pertumbuhan batang kesamping akan memicu pertumbuhan batang di bagian bawah jadi lebih besar, jadi lebih kokoh. 
  • Agar tanaman tumbuh subur setelah penanaman Anda harus melakukan penyemprotan pestisida. Tujuannya jelas untuk memberantas kutu kutu, ulat dan hama pengganggu lainnya. Terutama untuk jenis Sengon sangat digemari oleh ulat ya kalau orang Sunda bilang uter-uter. Durasi penyemprotan bagusnya satu minggu sekali dan gunakan pestisida yang ampuh, saya sendiri pakai decis. Atau bisa gunakan pestisida ampuh alami ala sambal.
  • Pengapuran sengon juga terbukti ampuh untuk mencegah ulat, simak selengkapnya pada pentingnya pengapuran sengon untuk basmi hama
Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


You can never cross the ocean until you have the courage to lose sight of the shore.
Christopher Columbus