Trik Pemupukan Cepat untuk Kebun Skala Besar Tanpa Ribet

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara pemupukan pohon sengon dan trik pemupukan cepat untuk kebun luas. Saat video ini dibuat Sengon saya usianya sekarang 3 bulan. Untuk pemupukan sendiri sekarang adalah pemupukan yang kedua kalinya. Karena di bulan pertama sudah pernah dilakukan pemupukan dan hasilnya ini sekarang di usia 3 bulan pasca tanam sudah ada yang mencapai 2 meter lebih.

Untuk jangka pemupukan sendiri saya pupuk sebulan pertama sengon pasca tanam. Tidak langsung dipupuk ketika beres penanaman, biarkan dulu sekitar 1 bulan tujuannya adalah untuk membiarkan supaya akar beradaptasi dulu. Anda bisa melakukan pemupukan dengan membuat parit atau lubang di sekeliling tanaman. Beri jarak sekitar 20 senti dari pangkal pohonnya dan ini pun sebenarnya bisa disesuaikan dengan besar kecilnya batang. Maksudnya jika batangnya sebesar telunjuk usia 4 bulan kasih jarak untuk lubang pemupukan sekitar 15 sampai 20 senti dari pangkal pohon. Semakin besar nanti kedepannya Anda bisa buat lubang lebih menjauh misalkan dari 25 cm dan seterusnya mengikuti lebarnya kanopi dari pohon sengon nya.

Tapi kalau saya sendiri sih sebenarnya tidak mengikuti lebar kanopi, misalkan lebar kanopi dari pohonnya sekitar 1 meter saya tidak buat pemupukan jarak 1 meter. Tapi mungkin hanya setengahnya sekitar 50 hingga 70 cm dari pangkal tanaman sengonnya. Adapun untuk dosis pemupukan Anda bisa gunakan sekitar 2 sendok makan usia 1 bulan pasca tanam. Lalu ke depannya jika usianya semakin ketua dan semakin besar, bisa tambah dosisnya semakin banyak. Oh iya untuk jenis pupuk sengon sendiri saya gunakan pupuk npk Phonska, dengan pupuk dasar petroganik.

1. Trik Pemupukan Cepat Untuk Kebun Skala Besar

Namun ada kelemahan dari cara pemupukan seperti dijelaskan di atas, karena akan memakan waktu. Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon atau kayu dan tanaman lainpun. Anda bisa gunakan cara alternatif lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Caranya buat tiga atau empat lubang di sekeliling pohon sengon, setelah itu di tabur pupuk lalu ditutup lagi. Cara ini lebih menghemat waktu dan menghemat tenaga dan tidak ribet.

Saya sendiri kurang menyarankan kalau harus menabur pupuk di atas tanah. Karena saya sering melihat ada yang menabur pupuk di atas tanah langsung. Cara ini menurut saya kurang efektif, karena ini adalah pupuk NPK, dan di dalam NPK itu terdapat kandungan nitrogen (N). Sementara sifat nitrogen itu gampang menguap, kalau menguap terkena sinar matahari, oksidasi udara maka kandungan nitrogen nya hilang. Maka alangkah jauh lebih baiknya jika pupuk itu dikubur, tersimpan di dalam tanah.

Kelebihan trik pemupukan cepat ini lainnya, lubang-lubang ini tidak akan merusak akar-akar yang ada di sekelilingnya. Jadi kalau merusak akar pun hanya sedikit, hanya yang dilubangi saja. Dibanding harus membuat lingkaran jadi lebih banyak akar yang rusak. (Lihat juga hal penting awal tanam sengon)

Sementara untuk rentang waktu atau jangka waktu pemupukan idealnya Anda bisa lakukan dua sampai tiga bulan satu kali. Dengan catatan 2 atau 3 bulan itu adalah dengan memperhatikan kelarutan butiran-butiran pupuk. Biasanya pupuk butiran / granul ini larut dalam jangka waktu 2 bulan. Itupun kalau kondisinya basah atau terkena hujan jadi kalau untuk musim kemarau atau musim panas jangka waktunya bisa ditambah, lebih lama .

2. Bagaimana Pemupukan di Musim Penghujan?

Lalu apakah pada musim hujan perlu dilakukan pemupukan? Kalau menurut saya sih kalau mau pupuk ya pupuk aja tidak masalah. Cuman mungkin dosisnya yang dikurangi karena air hujan sendiri sebenarnya mengandung nitrogen yang mengandung nutrisi. Disamping tentunya untuk menghindari pemborosan jika pupuk terhapus air hujan. Agar serapan nutrisi tanah lebih baik sehingga pupuk tidak gampang terhapus hujan Anda juga bisa gunakan pupuk organik asam humat.

Adapun saya sendiri membuat eksperiman percobaan dengan menancap pentul korek api di batang sengon. Tujuan dari pentol korek api ini yang diri tanam dipinggir batangnya batang Sengon untuk mencegah hama, dan untuk membasmi ulat itu namun itu belum terbukti 100% berhasil. Adapun yang sudah jelas-jelas manjur adalah dengan pengapuran, silahkan lihat rincinya pada artikel pengapuran dolomit pada sengon.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


The best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now.
Chinese Proverb