Grafting Mangga Cepat Besar, Pilih Sambung Samping!

Manakah yang lebih cepat pertumbuhan mangga di sambung pucuk atau sambung samping? Pohon mangga saya usianya sekarang menuju 2 tahun lebih, dari kecil sudah banyak saya oprek dan  perlakukan aneh-aneh. Dari satu batang hasil sambung pucuk setelah satu tahun tumbuh lebih 1 meter dan tumbuh 4 cabang percabangan. Sementara batang mangga lain yang merupakan hasil sambung samping sudah jauh lebih banyak percabangannya.

Padahal kedua batang mangga tersebut disambung bersamaan, bedanya yang satu sambung pucuk dan yang lainnya sambung sisi / sambung samping. Secara umur usianya sama, namun dari pertumbuhannya jauh lebih cepat sambung samping. Dan ini adalah bukti empiris, yaitu bukti yang sudah berdasarkan pengalaman.

Sambung Mangga? Pilihlah Cara Sambung Samping

Jadi kalau anda memutuskan untuk menyambung pohon mangga, saya sarankan menggunakan teknik sambung samping. Karena lebih cepat tumuh, lebih cepat besar dan tentunya lebih cepat berbuah. Kenapa sambung samping lebih cepat besar? Alasannya sederhana dan masuk akal juga, karena jika sambung pucuk yang disambung adalah bagian pucuk saja. Yang disambung antara entres dan rootstock sambungannya hanya sebesar batang saja. (lihat stek anggur batang muda)

Sementara kalau sambung samping, bagian yang disambung / tempel jauh lebih panjang. Sehingga nutrisi atau makanan yang diterima entres sambungan nantinya akan jauh lebih besar. Maka pertumbuhan mangga pun akan jauh lebih cepat. Akan lebih cepat lagi jika sambungan diterapkan pada pohon mangga besar. Daripada pohon mangga yang mungkin jenisnya kurang bagus ditebang, lebih baik disambung dengan jenis mangga bagus. Seperti yang sudah saya terapkan pada 7 jenis mangga pada satu pohon.

Adapun untuk mengetahui bagaimana cara sambung samping mangga, silahkan lihat video 5 cara sambung / grafting mangga anti gagal pada artikel sebelah. Semoga anda terinspirasi dan pilihlah tehnik grafting sambung samping agar mangga anda cepat tumbuh, cepat besar dan cepat panen. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba, semoga sukses.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.
Albert Einstein