Buat Mini Biopori di Pot Tanah Lebih Subur

Ada satu trik kecil nih untuk tanaman, Anda bisa gunakan lubang menggunakan pipa pvc atau pipa paralon di sekitaran pohon Anda. Fungsi dari lubang-lubang ini anda bisa gunakan sebagai tempat penyimpanan pupuk nantinya. Jadi anda bisa pasang atau buat lubang sebanyak mungkin sekitaran pohon, lubang biopori.

Anda bisa gunakan sebagai tempat untuk mengisi air supaya air tersebar rata di sekitaran pohon. Fungsi lain dari lubang-lubang ini sebagai Mini biopori. Lubang Biopori ini bisa digunakan sebagai pori-pori dari tanah atau biopori versi kecil. Karena untuk versi besarnya sebenarnya Anda bisa gunakan lubang yang besar yang diameternya 10 senti atau 20CM. Ukurannya lebih besar juga bagus untuk penyimpanan kompos nanti.

Fungsi dan Manfaat Biopori pada Tanah

  1. Mengurangi & Mengurangi Sampah Organik

  2. Menyuburkan Tanah sebagai alat humifikasi / dekomposisi bahan organik

  3. Mempengaruhi Jumlah Air Tanah

  4. Membantu Mencegah Terjadinya Banjir

Anda bisa gunakan pvc / paralon ukurannya terserah, lebih besar lebih bagus dan anda nanti potong menyamping. Supaya nanti ketika dimasukkan ke dalam tanah dia tidak langsung tersumbat. Setelah ditanam ke dalam tanah Anda juga bisa masukin besi atau batang keras untuk mengisi lubang ini biar tidak tersumbat.

Untuk Skala yang lebih besar Anda juga bisa gunakan lubang biopori ini menggunakan wadah bekas cat atau apa saja yang penting ukurannya agak besar. Saya sendiri Ini pakai bekas wadah cat yang ditumpuk. Jadi ada 2 tumpuk lapisan paling bawah tidak dirubah, lapisan yang atas ini bawahnya dilubangi supaya lubangnya lebih tinggi nyambung dengan wadah cat yang di bawah ya nantinya.

Anda bisa gunakan lubang ini untuk memasukkan kompos, memasukkan sampah bahan pupuk organik. Anda bisa juga pasang lubang ini di antara pohon supaya pohon sekelilingnya menjadi lebih subur. Itu adalah prinsip sederhana membuat biopori pada tanah. Supaya tanah tidak padat dan memiliki serapan air yang bagus juga membuat lingkungan sekelilingnya menjadi lebih subur.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.
Albert Einstein