Supaya Grafting Anggur Cepat Tumbuh Tidak Kering atau Busuk

Bagaimana perawatan stek anggur, sambung / grafting anggur supaya tidak mati dan tumbuh subur. Sebab masalah yang sering terjadi pada stek atau okulasi anggur seringkali layu, membusuk atau kering. Jawaban umumnya "tergantung". lho kok?

Iya itu semua tergantung pada hasil stek atau grafting anggurnya masing-masing. Sebab beda jenis anggur, anggurnya loka atau import, hasil stek atau grafting semuanya membutuhkan perlakuan tersendiri. Termasuk apakah sambungan atau grafting anggur itu disambung pada pohon jadi, atau pada rootstock, bahkan yang belum keluar akar.

1. Hasil Stek / Grafting Anggur Busuk atau Kering

Busuk atau kering pada grafting anggur adalah 2 masalah utama yang sering ditemui. Maka perlakuan atau cara mengatasinya harus disesuaikan dengan kondisi stek atau graftingnya. Setelah stek atau sambungan grafting keluar daun, jangan dulu terlena. Sebab seringkali anggur PHP, memberikan harapan palsu. 

Lihat juga Stek Anggur Batang Muda

Keluarnya daun pada stek atau grafting terkadang lebih awal dibandingkan dengan akar. Ini yang bahaya, setelah keluar daun jangan dulu terekspos sinar matahari maka berikan sungkup. Dengan catatan sungkup jangan mengenai daun, sebab sungkup bisa menahan kelembaban dan membuat daun membusuk. Berikan juga lubang pada sungkupnya, jangan disungkup total yang menutup udara.

2. Kenali Karakter Anggur yang Ditanam

Setiap jenis anggur memiliki tingkat adaptasi dan ketahan yang berbeda terhadap lingkungannya. Terutama anggur jenis import yang "lebih manja". Untuk anggur lokal seperti Red Master, Isabela, alphonso sebenarnya adalah tanaman bandel. Sebab untuk stek saja tingkat keberhasilannya sangat tinggi bahkan jika dibandingkan dengan tanaman buah lain.

Lihat Perbandingan Media Tanam Anggur di Tanah

Beda lagi dengan anggur import, tidak semua cocok dengan iklim tropis. Pada dasarnya semua kembali ke perlakuannya, perlakukan anggur seperti di "tempat asalnya". Namun beberapa jenis anggur yang terbukti sudah lebih kuat dan beradaptasi baik, termasuk tingkat ketahanannya pada stek dan grafting diantaranya: Ninel, Transfiguration, Jupiter, dan Dixon.

3. Gunakan Tehnik Grafting yang Cepat Tumbuhnya

Tehnik grafting juga mempengaruhi pada tingkat keberhasilan dan kesuburan grafting anggur. Pada dasarnya tingkat kesuksesan grafting dominan pada jenis roostock dan entresnya. Disusul dengan bagaimana tehnik graftingnya.

Grafting atau okulasi anggur pada dasarnya adalah "proses menyambungkan". Sehingga keberhasilannya ditentukan oleh bagus tidaknya sambungan, sama tidaknya lebar dan panjang sambungan, serta sedikit atau banyaknya bagian yang tersambung. Saya sendiri lebih suka menggunakan tehnik sambung samping, karena terbukti lebih cepat besar tumbuhnya, lihat buktinya:

Dari banyak sekali grafting yang saya lakukan, sambung samping ini memang membuat hasil grafting lebih cepat tumbuhnya. Sebagai perbandingan pada usia hasil grafting 6 minggu, sambung sisip panjangnya 25 cm. Sementara sambung samping panjangnya 30 cm. Sekilas hanya sedikit bedanya, tapi dalam jangka panjang perbedaannya akan terlihat sangat mencolok hingga 3x lipat, tebak mana yang lebih cepat?

Untuk cara grafting silahkan lihat 5 tehnik grafting berbagai tanaman dan buah-buahan.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


The best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now.
Chinese Proverb