Tanam / Perawatan Delima Mini & Khasiat dan Manfaatnya

Delima mini cocok untuk ditanam di dalam pot (tabulampot) jadi cocok menjadi tanaman hias. Namun tentunya selain bisa jadi hiasan ini juga bisa jadi makanan, buahnya bisa dikonsumsi dan banyak khasiat serta manfaatnya. Dulu saya beli online delima harganya Rp.20.000 dan pas datang kondisinya sangat memprihatinkan. Daunnya kering tidak ada satupun yang segar, ini memang karena karakter dari daun delima ini daunnya kecil-kecil. Jadi wajar ketika dua atau tiga hari di perjalanan daunnya kering.

Tapi perlakuan tanaman beli online harus simpan dulu di tempat yang teduh selama 2 minggu agar beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun ternyata kering daunnya, saya pangkas semua batang delima ini, dan biarkan hanya bagian tengah saja (batang utama). Dan pada akhirnya buah delima mini ini subur lagi. Serupa, manfaat asam amino anti stress tanaman.

Sejak dulu beli hingga sekarang usiaanya sudah 2 tahun. Dulu gundul banget tidak ada satupun tunas yang tersisa, batang awalnya semuanya di pangkas dan tunas tunas sekarang tumbuh adalah tunas baru. Jadi saran saya kalau anda mau membeli delima online pastikan anda menggunakan kurir yang datang cepat atau lokasi pembelian delima anda tidak terlalu jauh. Nanti setelah datang disiram dengan air vitamin B atau agar membuat akar kembali segar.

Lalu untuk perawatan sendiri tanaman delima sangat suka basah. Jadi usahakan Anda kalau menyiram sampai penuh airnya, sampai basah jenuh tanahnya. Dan justru sepengetahuan saya dan sepanjang yang saya alami delima pas musim hujan tumbuhnya sangat sangat bagus. Dan sekarang menjelang musim panas mulai berbunga dan berbuah. Namun sayang sekarang tidak sebanyak dulu karena saya sekarang sudah terfokus pada perawatan tanaman lain, dulu banyak sekali buahnya. 

Mencegah Kerontokan Buah Delima

Teman saya sempat sanksi sempat ragu katanya delima mini ini hanya bakal jadi delima hias aja, tidak sampai berbunga. Karena memang bunganya sangat banyak tapi jarang sekali yang menjadi buah, banyak yang rontok. Tapi kenyataannya saya gunakan pupuk MKP dan ternyata banyak sekali bunga delima yang menjadi buah.

Jadi untuk mencegah kerontokan atau merangsang pembungaan Anda bisa gunakan pupuk MKP. Dan agar bunga delima tidak rontok gunakan pupuk kalsium, jika tidak ada bisa kapur dolomit kaya kalsium. Nanti setelah keluar bunga, setelah bunganya menjadi buah seperti ini anda bisa gunakan Pupuk kno3 untuk merangsang pembesaran buah. 

Manfaat & Khasiat Buah Delima

Kalau dari segi manfaat delima juga merupakan tanaman superfood, karena Delima Mini mengandung banyak sekali gizi nutrisi dan manfaat. Delima sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan.

  1. Delima Mini bisa mencegah obesitas
  2. Kandungan antioksidannya tinggi yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas.
  3. Delima Mini bisa menambah imunitas jadi gampang sakit.
  4. Bisa mencegah penyakit jantung 
  5. Memperbaiki ejakulasi dini

Tanaman delima Ini saya rekomendasikan bagi anda, bisa tanam di depan rumah dalam pot, sebagai tanaman hias. Juga sebagai tanaman yang bisa anda nikmati buahnya yang banyak khasiat bahkan ada juga yang menyebutkan kalau menanam buah delima adalah sunnah dan dianjurkan seperti bidara yang mirip apel putsa. Mudah-mudahan Anda terinspirasi dan menambah pengetahuan Anda Terima kasih telah menyimak dan sampai jumpa.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Winning isn’t everything, but wanting to win is.
Vince Lombardi