Jangan Salah Pakai Dormex Pada Anggur (Anti Gosong Tunas Serempak)

Dormex adalah zat pengatur tumbuh atau ZPT yang digunakan untuk membantu memecah Tunas atau Bud, disebut juga dengan bud breaker. Bukan hanya untuk buah anggur dormex juga bisa dipakai untuk memecah Tunas buah apel, pir, plum, buah ara / tin, ceri bahkan kiwi.

Adapun perlunya dormex untuk tanaman anggur, karena anggur ini adalah jenis tanaman yang ketika dorman lama sekali untuk lanjut tumbuhnya. Tunas-tunas berhenti tumbuh, daun-daun juga tetap tak bertambah, bahkan sampai rontok, Berbeda dengan misal buah jeruk, kalau jeruk tumbuh tunas, 2 bulan daunnya tua, disusul lagi dengan tumbuhnya Tunas baru. Sementara anggur tidak begitu, ini berkaitan dengan negara asalnya yang memiliki 4 musim, salah satunya musim dingin yang membuat anggur masuk fase dorman.

1. Manfaat Besar Dormex Untuk Tanaman Anggur

Kelebihan geografis kita di Indonesia sinar matahari bersinar sepanjang tahun, tidak ada musim dinginnya. Jadi untuk tanaman anggur supaya bisa terus tumbuh tanpa masa dormansi bisa diakali dengan dormex. Dormex bisa memutus proses dormansi yaitu proses berhenti tumbuhnya anggur, sehingga pertumbuhannya bisa lebih cepat.

Untuk memecah dormansi ini sendiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa obat bahkan tanpa dormex. Yaitu dengan proses pruning atau pemangkasan atau menggunduli daun pada percabangan. Namun ingat bukan pada percabangan dari foundation pruning ya, bukan cabang-cabang yang dipakai untuk pembuahan anggur. Namun karena khawatir malah memotong tunas yang dipakai untuk pembuahan maka alternatifnya lebih baik pakai dormex ini. Kelebihan lain memakai dormex adalah bisa mengatur tunas mana yang ingin ditumbuhkan dan hasilnya tunas pecah dan berkembang secara serempak

2. Jangan Salah, Aturan Pakai & Dosis Dormex yang Benar

Dormex mengandung Hidrogen Sianamida 520g/l, yang untuk tanaman sebenarnya termasuk obat keras. Maka perlu diketahui terlebih dahulu dosis atau takaran yang benar. Sebab seringkali ditemukan dampak buruk Dormex membuat tunas, daun dan batang gosong atau busuk.  Dan efeknya pun bisa terlihat cepat, misal pemakaian dosis dormex yang berlebihan bisa membuat daun kering di hari berikutnya.

Lihat juga Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

Lalu bagaimana cara aplikasi dormex dan berapa takaran dosisnya:

  1. Dosis Dormex untuk tanaman anggur (dan kebanyakan tanaman lainnya) 1:20 hingga 1:25. Misalkan 1 mili liter Dormex maka dicampur dengan 25ml air, jangan langsung pakai tanpa campur kalu tidak ingin tanaman gosong.
  2. Dormex bisa disemprotkan atau dioles pada mata tunas. Namun yang paling aman adalah dengan mengoles matas tunas saja. Sebab jika overdosis dormex hanya matun saja yang rusak tanpa mengganggu bagian tanaman lainnya.
  3. Oles Dormex hanya pada mata tunas anggur yang sudah tua, atau dari batang yang sudah tua. Jika dipakai pada tunas yang masih hijau maka harus campurkan air lebih banyak.
  4. Dormex dipakai setelah pemangkasan, baik itu pemangkasan untuk pembuahan atau pemangkasan untuk foundation pruning. Aplikasi dormex bisa diulang sampai dua kali dalam rentang waktu 1 minggu setelah pemangkasan.

lihat juga Stek Anggur Batang Muda

Keuntungan kita di Indonesia negara yang tropis yang mataharinya bersinar sepanjang tahun. Tanaman terus tumbuh, anggur bisa dibuahkan beberapa kali dalam setahun, lebih menguntungkan bahkan dari negara asalnya. Dan jangan kalah juga dengan India, karena sama-sama memiliki iklim tropis tapi ternyata bisa menjadi dengan penghasil anggur terbesar ke 9 di dunia. Jadi semangat ya, kita juga bisa!
 

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


You can never cross the ocean until you have the courage to lose sight of the shore.
Christopher Columbus