Pestisida Alami Ala Sambal Bumbu Dapur & Puntung Rokok

Bagaimana cara membuat pestisida nabati dari bahan-bahan dapur ala sambal? Di artikel ini saya akan berbagi 2 jenis pestisida, untuk pencegahan dan pestisida untuk pemberantasan atau penanggulangan. Pertama pestisida alami akan kita buat menggunakan bekas puntung rokok, dan ini sifatnya adalah untuk pencegahan. Karena kadar racun untuk hama dengan tembakau dari puntung rokok tidak begitu tinggi.

Jadi silakan kumpulkan bekas puntung rokok, daripada dibuang percuma lebih baik dimanfaatkan untuk mengusir hama dan serangga pada tanaman. Adapun untuk dosis atau takarannya, bisa gunakan 4 hingga 6 puntung rokok perliter. Untuk pembuatan pestisida dari puntung rokok ikut langkah berikut:

  1. Buka dulu kertas puntung rokoknya
  2. Masukkan ke wadah dan disiram dengan air panas
  3. Biarkan terendam minimal setengah jam, lebih lama lebih bagus 
  4. Saring dan ambil airnya saja masukkan kedalam semprotan pupuk Anda 
  5. Jangan lupa tambahkan larutan sabun cair. Fungsi sabun pada pestisida alami ini sebagai perekat atau penembus. Maksudnya mungkin anda pernah menemukan ada jenis kutu atau serangga yang lapisan luarnya diselimuti oleh lapisan lilin. Nah lapisan lilin ini tidak akan luntur jika tanpa sabun. Jadi larutan air sabun ini bisa menembus atau melunturkan lapisan lilin tersebut.

Pestisida alami puntung rokok ini bisa disemprotkan tiga hari sampai satu minggu sekali sebagai pestisida untuk pencegahan. Adapun jika hama sudah keterlaluan bisa gunakan pestisida ala sambal yang lebih ampuh di bawah.

Pestisida Alami Ampuh Ala Sambal

Pestisida nabati yang lebih ampuh lagi Anda bisa gunakan bumbu yang ada di dapur. Cara membuatnya seperti membuah sambal, hanya bahan-bahannya saja yang sedikit berbeda:

  1. Siapkan 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah dengan beberapa buah cabe. Adapun cabe yang saya gunakan di video adalah cabe tiga warna, lihat videonya di sini.
  2. Ulek atau blender sampai hancur.
  3. Siram dengan air hangat dan diamkan minimal setengah jam, agar sari-sari bahan tersebut keluar semua.
  4. Saring airnya dan masukkan kedalam semprotan
  5. Jangan lupa tambahkan cairan sabun dan siap digunakan

Anda juga bisa menyimpan bekas rendaman bahan tadi. Siram lagi dengan air dan bisa digunakan untuk pemakaian berikutnya. Pestisida nabati dari bahan bumbu dapur ini lumayan ampuh untuk mengatasi hama trips dan aphids, kutu kebul dan hama lainnya. Semprotkan 3 hari sekali untuk pemberantasan atau satu minggu sekali untuk pencegahan. Untuk pencegahan ulat ternyata kapur dolomit juga cukup ampuh, simak penjelasannya.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.
Albert Einstein