Rambatan Tanaman dalam Pot Kuat Modal Kurang 20 Ribu

Hanya modal kurang dari Rp.20.000 (dua puluh ribu) saja, bahkan kurang Anda bisa membuat rambatan anggur dalam pot dan tanaman merambat lainnya. Bahan yang digunakan hanya dua jenis saja yaitu pipa pvc dan kawat kiloan. Bahkan bahan yang dipakaipun masih sisa, dan bisa digunakan untuk membuat rambatan anggur lebih banyak dengan modal murah.

Ukuran panjang atau tinggi rambatan sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Untuk keperluan penyangga tabulampot saya, tinggi kurang lebih 160cm saja sudah cukup. Itupun dengan menyisakan 2 buah pipa.

Bahan dan Cara Buat Rambatan Tabulampot

Hitungan modal 20 ribu ini sebenarnya masih lebih. Itu adalah hitungan untuk satu buah penyangga / rambatan tabulampot jadi. Apalagi jika untuk membuat banyak bisa lebih hemat lagi. Selengkapnya untuk membuat rambatan anggur tabulampot dan tanaman rambat lainnya berikut bahan yang diperlukan:

  1. Pipa PVC 5/8 inch (4 meter) 2 buah (2x Rp.8000) = Rp.16.000. Pipa ini yang biasa untuk pelindung kabel, tapi untuk kebutuhan tabulampot cukup kuat untuk menahan beban pohon nantinya.
  2. Kawat kiloan per kilo kisaran 20~30 ribu (panjang 60~90 meter tergantung diameter). Untuk rambatan anggur tabulampot ini hanya butuh kurang lebih 15~20 meter saja.
  3. Pipa 4 meter dipotong, dibagi 3 => 133.3 cm
  4. Untuk satu set tabulampot bisa gunakan 3~5 buah pipa.
  5. Tancapkan pipa pada media tanam, agar lebih kokoh bagian yang ditancapkan bisa dilubangi dan ditusuk paku.
  6. Lubangi pipa bagian atas lalu tancapkan kawat pada setiap tiangnya sehingga kawat menusuk pipa dan membentuk lingkaran.
  7. Beri jarak 20 hingga 23cm (turun ke bawah) dan buat lagi lubang untuk menusukan kawatnya.

Jarak antara lingkaran rambatan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Begitu pula dengan sedikit banyaknya tingkat penyangga, namun semakin banyak jumlah tingkatan akan membuat rambatan tanaman dalam pot lebih kokoh. 

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Build your own dreams, or someone else will hire you to build theirs.
Farrah Gray