Media Tanam Anggur Tabulampot Subur Cepat Berbuah

Persiapan media tanam untuk anggur import agar tumbuh subur. Saya baru beli online sekitar 4 hari yang lalu anggur jupiter, transfigurasi, ninel dan carnival. Kondisinya masih belum segar, saya biarkan dulu sekitar 1 sampai 2 minggu sebelum di masukan ke dalam pot. Dan perlakuan setelah beli online bagusnya tanaman anggur disiram dengan vitamin B1 / Liquinox. Dan saya persiapkan dulu media tanam anggur ini sambil menunggu fermentasi dan anggurnya segar.

Adapun komposisi dari media tanam ini saya gunakan banyak sekali sekam, lebih dari setengah pot. Mungkin kisaran 60 hingga 70% dari semua total media tanam. Ukurannya lebar pot 50 cm dan tingginya sekitar 40 cm. Untuk campuran lainnya tanah campur pasir saya gunakan sedikit saja, hanya sekitar seperlima dari dari ember. Sedikit sekali mungkin sekitar 2 kilo saja. Adapun untuk lebih jelasnya berikut komposisi media tanam anggur tabulampot agar tumbuh subur dan anggur cepat berbuah.

1. Komposisi Media Tanam Anggur Tabulampot.

Anggur adalah jenis tanaman yang akarnya sangat gondrong walaupun batang kecil. Jadi pastikan media tanam anggur harus sangat porous yaitu memiliki pori-pori tanah banyak dan tidak padat. Maka komposisi ideal untuk anggur di pot sebagai berikut:

  1. Sekam 50 hingga 70% total media tanam. Idealnya pakai sekam bakar, atau sekam lapuk. Jika pakai sekam mentah bisa disimpan di bagian bawah pot. 
  2. Tanah dicampur pasir sedikit saja, sekitar seperlima ember 10 liter.
  3. Pupuk Kandang 20 ~ 40 % media tanam, atau bisa diganti dengan kompos atau petroganik.
  4. Arang untuk bakar sate dan bakar-bakar lainnya ditumbuk tapi tidak terlalu hancur.
  5. Kapur dolomit sedikit saja, sekitar setengah kilo.

Anda mungkin pernah mendengar istilah Terra preta? Atau si tanah hitam yang konon katanya sangat subur ternyata rahasianya adalah Arang Arang bekas pembakaran. Arang bagus untuk media tanam Karena mampu menyimpan nutrisi atau gizi lebih lama. Dan konon adalah rahasia tanah subur terra preta bangsa amazon sejak dulu.

Lihat juga cara tanam dan media tanam anggur import di tanah. Dan bukti campuran media tanam tersebut kurang 6 bulan anggur berbuah, no hoax!

2. Fermentasi Media Tanam Sebelum Tanam Anggur

Sebelum tanam anggur dalam pot, media tanamnya difermentasi dulu agar bebas dari bibi penyakit dan jamur. Ada dua cara, pertama dengan kapur dolomit. Jika menggunakan kapur dolomit, selain dicampur dengan media tanam bisa juga dikocor. Kapur dolomit satu gelas dicampur dengan 2 liter air lalu disiramkan pada media tanam. Diamkan dan biarkan terbuka selama satu atau dua minggu sebelum tanam anggurnya.

Kedua, fermentasi dengan EM4 dan Gula atau sari tebu. Gunakan sekitar 5 tutup botol EM4 dicampur dengan 2 sendok gula atau sari tebu. Diaduk sampai merata lalu dikocorkan pada media tanam. Setelah itu tutup media tanam dengan rapat selama 1 atau 2 minggu sebelum siap tanam. Jadi bedanya itu, jika pakai kapur dolomite media tanam dibiarkan terbuka sementara jika pakai EM4 dan gula media tanam harus tertutup agar fermentasi berjalan dengan sempurna.

Agar anggur cepat berbuah perlu pemangkasan yang benar, tidak boleh asal tumbuh. Harus ditentukan pembentukan batang primer sekunder dan tersier yang tepat. Selengkapnya baca cara pruning atau pemangkasan anggur metode cane dan spur.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


No one is going to hand me success. I must go out & get it myself. That’s why I’m here. To dominate. To conquer. Both the world, and myself.
Unknown