Buat Pagar Bunga Taiwan Beauty untuk Hias Kebun

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang aku Cuphea Hyssopifolia atau bunga taiwan beauty. Nah maka kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya membuat pagar bunga dari taiwan beauty ini. Karena membuat pagar dari bunga ini tidak sembarangan, ada tekniknya. Itu berkaitan dengan jenis tanaman atau bunga apa yang ingin dijadikan pagar penghias kebun atau halamannya.

Tanaman taiwan beauty ini jika dibiarkan atau dari pangkal bawahnya tidak diatur maka dia akan tumbuh berantakan (sama seperti mawar tanah) . Daun ke atasnya tidak begitu lebat dan tingginya lumayan bisa mencapai 50 cm. Cara ini kurang begitu bagus karena si kumpulan daun dan bunga hanya nampak diatas dan lebarnya hanya sedikit, jadi kurang begitu rimbun.

Cara Membuat Pagar dari Bunga Taiwan Beauty

Adapun saya lebih menyukai tanaman yang batangnya tidak terlalu tinggi namun cabangnya banyak, sehingga cabang daun dan bunganya rimbun kemana-mana. Jadi tehnik pembuatan pagar dari bunga taiwan beauty ini adalah:

  1. Dari pangkal pohonnya, ambil saja 5 sampai 10CM.
  2. Potong atau pruning batang utamanya setinggi 10cm tadi.
  3. Meskipun jika kondisinya sudah bagus, sedang berbunga tapi jangan sayang. Potong saja, tega sedikit tidak apa-apa. Sebenarnya triknya dan tinggi pendeknya tanaman ini juga bisa diatur sesuai dengan selera. Jika ingin pendek bisa potong batang utama 10cm dari tanah. Namun jika anda ingin tinggi pagar nya 50 cm Anda bisa pruning sekitar 20 cm dari tanah. Namun yang jadi masalah bagian bawahnya akan terlihat kosong tidak tertutup tidak tertutupi oleh daun. Makanya saya sendiri lebih senang potong pendek saja dari atas tanah.
  4. Untuk pembuatan pagar tentu butuh banyak sekali pohon atau batang yang dibutuhkan. Anda bisa tanam sebanyak mungkin yang Anda mau dan gunakan jarak sekitar 20 hingga 30 cm antara setiap tanamannya.
  5. Jangan kuatir meskipun awalnya terlihat kosong tapi lama-kelamaan akan tumbuh dan rimbun.

Lihat juga Bunga Air Mancur / Roselia

Anda juga bisa menggabungkan beberapa jenis varian atau warna bunga berbeda. Kalau saya sendiri dipisahkan berdasarkan warnanya, selang seling ada putih, kuning dan ungun. Namun itu tentunya kembali ke selera Anda. Walaupun hanya punya bunga taiwan beauty sedikit untuk pagar, tapi jangan kuatir. Bunga ini sangat cepat sekali pertumbuhannya. Dari yang nampak di video semunya berasal hanya dari segenggam bibit saja. Dan hanya butuh waktu sekitar 10 bulan sudah penuh menjadi pagar bunga yang cantik.

Ingin Berkomentar atau Bertanya? Ajukan di Channel Kami
 Youtube


  Facebook
Serba Serbi Tani
  • Seputar Kelapa Pandan Wangi

    Ciri Kelapa Pandan Wangi paling umum adalah Anda bisa bakar daun kelapa pandan wangi. Ambil daunnya yang sudah agak tua lalu dibakar, tapi tidak harus dibakar sampai kering. Namun ternyata itu bukan satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelapa pandan wangi, bukan berarti yang tidak wangi...

  • Trik Pemupukan Cepat Tanpa Ribet

    Jika kebetulan Anda tanam banyak sekali pohon sengon, kayu, sayuran atau tanaman apa saja di perkebunan luas untuk skala besar. Anda bisa gunakan cara alternatif yang lebih simple tidak ribet untuk memupuk. Cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga tidak ribet, namun efektif serta...

  • Pemupukan Anggur Setelah Pangkas

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada perlakuan anggur setelah pangkas. Pupuk yang saya gunakan sampai hari ke-20 masih menggunakan pupuk MKP (Pupuk Perangsang Bunga / Buah). Pupuk ini tujuannya untuk merangsang keluar bunga yang merangsang pembungaan, dan targetnya...


Insanity is doing the same thing, over and over again, but expecting different results
Unknown